Aneka Ide Aktivitas Fotografi Untuk Anak

Aneka Ide Aktivitas Fotografi Untuk Anak

Fotografi tidak selalu menjadi kegiatan khusus untuk orang dewasa. Anak juga dapat mempelajari seni aktivitas fotografi untuk anak sejak dini. Seni fotografi pada anak-anak terutama akan dapat meningkatkan kreativitas serta keaktifan mereka dalam masa perkembangannya. Fotografi juga akan mengajarkan aneka hal-hal yang positif untuk anak.

Banyak ide aktivitas fotografi untuk anak seru seputar fotografi yang bisa dilakukan bersama si Kecil. Belajar fotografi juga bisa dilakukan secara menyenangkan karena anak bisa belajar dan juga  sambil bermain. Berikut adalah aneka aktivitas fotografi untuk anak yang bisa dilakukan orangtua bersama anak-anaknya.

  1. Belajar Mengambil Foto

Ajak anak agar mau belajar dan juga bisa sekalian bermain saat tengah mempelajari fotografi. Berburu foto terutama akanjadi alternatif kegiatan yang menarik untuk anak-anak. Mintalah anak untuk foto objek berdasarkan huruf alfabet yang diberikan ibu atau ayah. Misalnya, bisa dimulai dari huruf P agar anak-anak dapat foto objek yang huruf awalnya P, seperti pohon atau pisang. Saat melakukan aktivitas ini, anak juga akan belajar seputar alfabet atau kosakata. Pelajaran ini juga dapat dilakukan di dekat rumah atau saat mengajak anak pergi berlibur

  1. Membuat Sebuah Cerita

Saat anak mengambil aneka foto yang berbeda, ibu bisa memintanya untuk merangkai cerita dari foto-foto tersebut. Aktivitas ini akan membuat anak mengembangkan imajinasi serta belajar untuk menyusun cerita. Hasil Cerita dari foto-foto tersebut dapat berupa pengalaman saat foto diambil atau cerita lain yang tak sama dengan imajinasinya. Anak juga dapat dipandu untuk merangkai foto-foto tersebut menjadi serangkaian gambar yang membentuk cerita utuh.

Baca Juga : Enam Tips Foto Anak Agar Ekspresif

  1. Belajar Warna Serta Angka

Aktivitas fotografi untuk anak dapat menjadi sarana bagi anak dalam mempelajari warna serta angka. Temani anak dalam mengambil foto yang warnanya berbeda-beda. Tentukan satu warna yang harus menjadi tema utama dalam foto, misalnya warna hijau. Kemudian arahkan anak untuk hanya mengambil gambar objek yang berwarna hija, misalkan daun. Ajak juga anak menghitung tiap foto yang diambilnya hari itu.

  1. Membuat Galeri

Jika kemampuan fotografi anak telah meningkat, kalau bisa ambil beberapa foto terbaiknya lalu pajang di dalam ruang tamu. Tujuannya adalah agar para tamu serta keluarga bisa melihat hasil karyanya. Langkah ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi dari orangtua dan orang-orang terdekat akan hasil karya anak.

  1. Belajar Software Edit Foto

Fotografer profesional seringkali akan menggunakan aplikasi editing tertentu untuk foto-fotonya. Penggunaan software ini dimaksudkan agar hasil foto semakin sempurna tanpa cacat. Anak pun bisa diajari untuk menggunakan aneka software ini. Tentunya orangtua mengajarkan secara bertahap mulai dari software yang terbilang mudah dipelajari agar anak bisa memahami bagaimana cara menjalankannya.

Anak juga bsia menambah keterampilan serta wawasannya dalam menggunakan aneka software editing ini. Kegiatan ini harus disesuaikan usia serta kemampuan anak dan juga di bawah pengawasan orangtua.

  1. Mencoba Aneka Hal Baru

Ajak anak untuk mencoba aneka hal baru seputar fotografi. Misalkan adalah menggunakan kamera jenis lain seperti DSLR dan polaroid, ubah file foto, berburu foto ke lokasi baru yang sebelumnya tidak pernah dikunjungi, dan lain-lain. Buatlah aneka kegiatan ini semenarik dan semenyenangkan mungkin agar anak tidak bosan dan tetap mau melakukannya.

Atur waktu sekali seminggu atau dua kali seminggu untuk berburu foto dan melakukan aneka kegiatan lain seputar fotografi. Bisa jadi, hal ini akan turut mengasah kemampuan fotografi anak sehingga mereka semakin berbakat dan mumpuni dalam bidang tersebut.

One Reply to “Aneka Ide Aktivitas Fotografi Untuk Anak”

Comments are closed.