Buat Fotography Hitam Putih Semakin Dramatis

Buat Fotography Hitam Putih Semakin Dramatis

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah monochrome. Apalagi bagi kalian yang yang menggeluti hoby fotography pastinya sudah sering mendengar kata ini sebagai salah satu teknik fotography.

Teknik Hitam Putih Akan Membuat Hasil Pemotretan Menjadi Dramatis

Dimana monochrome merupakan cara mengambil gambar dengan menempatkan warna-warna netral sebagai latar belakangnya. Dalam foto hitam putih, dimana background hitam diletakan di atas warna putih. Foto hitam putih memiliki nilai estetika tersendiri yaitu dimana warna yang terkandung didalam foto akan terlihat lebih abadi dibandingkan foto berwana. Hal ini dipengaruhi karena kualitas warna pada setiap waktu akan berubah-ubah contohnya foto retro berwana akan memberikan kesan biru atau kekuningan beda halnya dengan foto hitam putih. Bagi fotografer yang tertarik dengan foto hitam putih akan cenderung memainkan pencahayaan agar foto yang diambil akan terlihat lebih baik. Bagi fotografer yang terbiasa dengan foto berwarna pun, foto hitam putih juga tidak akan membosankan karena dalam foto hitam putih kalian dapat memainkan shades dan dapat mendapatkan satu point dari sebuah objek tanpa menghawatirkan faktor-faktor yang banyak.

Berikut ini beberapa tips bagi kalian yang ingin mendapatkan foto yang dramatis dari foto hitam putih yang kalian abadikan. Berikut ulasannya.

  • Yang pertama dimulai dengan pemilihan lokasi. Banyak fotografer yang mendapatkan kondisi low contrast nah kondisi tersebut akan menghasilkan jenis foto BW. Dan untuk kalian yang mengambil foto di luar ruangan yang penuh dengan kontras maka kalian masih bisa mendapatkan foto jenis BW dalam kondisi cuaca mendung dan sedikit gelap. Dalam hal ini juga bagi kalian yang menginginkan foto yang lebih baik butuh keahlian kalian untuk memainkan proses pencahayaan saat memotret.
  • Yang kedua adalah kontras. Kontras merupakan faktor penting dalam foto hitam putih. Dengan bantuan cahaya yang banyak kalian akan dengan mudah mendapatkan kontras yang besar pada foto. Kontras juga sangat penting untuk membedakan nuansa gelap terang yang terkandung dalam foto, dengan hal itu juga kalian dapat memotret hal yang mungkin belum pernah kalian lihat sebelumnya. Lalu jika kamera kalian memiliki fasilitas RAW maka akan menjadi fasilitas yang sangat membantu untuk mengabadikan foto hitam putih kalian. Dengan adanya fasilitas RAW atau bisa disebut file mentah kalian dapat mengatur tampilan gambar. Dengan sedikit waktu yang dibutuhkan maka kalian akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
  • Selanjutnya yaitu pola atau tekstur yang terkandung dalam gambar. Semakin adanya tekstur pada gambar maka akan menunjukan objek yang semakin terperinci atau detail, walaupun tanpa bantuan warna sekalipun objek akan semakin terlihat artistik dengan bantuan ketajaman dari tekstur. Lalu pola juga akan menambah kesan yang menonjol dari foto hitam putih itu sendiri, pola juga akan menjadikan khas dari suatu foto yang semakin mudah dipahami.

Nah itu semua beberapa faktor pendukung agar foto kalian terlihat lebih dramatis. Tak diragukan lagi jika foto hitam putih akan terlihat lebih menawan dibandingkan dengan foto berwarna. Dengan penanganan yang sesuai foto hitam putih akan meningkatka sisi keindahan dari sebuah objek yang dipotret. Tidak salah lagi jika foto hitam putih akan membuat foto yang kita abadikan tidak terlihat seperti foto yang kuno ataupun ketinggalan jaman. Bahkan banyak juga pada akun sosial media banyak orang yang bertahan pada feed dengan nuansa hitam putih. Dengan hitam putih juga kita dapat memiliki pandangan lain mengenai suatu objek.