Enam Tips Foto Anak Agar Ekspresif

Enam Tips Foto Anak Agar Ekspresif

Memotret anak-anak memang bisa jadi sesuatu yang menyenangkan. Ekspresi mereka yang lucu serta alami merupakan daya tarik tersendiri. Akan tetapi, membuat semua daya tarik tersebut tampak dalam foto merupakan tantangan tersendiri. Apalagi karena anak-anak cenderung lebih sulit diatur daripada remaja atau orang dewasa. Untuk bisa mendapatkan foto anak yang ekspresif, setidaknya ada enam tips foto anak yang dapat kita ikuti.

  1. Biarkan Mereka Beraksi Secara Spontan

Saat kita terlalu kaku dalam mengarahkan anak agar berpose dalam gaya tertentu, anak-anak justru akan kehilangan spontanitas serta kepercayaan dirinya. Biarkan mereka bergaya serta berekspresi secara spontan. Cara terampuh adalah mengajak mereka bermain atau diajak mengobrol. Permainan seperti ciluk ba atau menanyakan nama akan membuat percakapan mengalir. Inilah saat tepat untuk mengambil gambar mereka.

  1. Sejajarkan Posisi Kamera dan Mata

Apabila foto yang diambil bertujuan supaya tubuh anak tampak proporsional dalam foto, atau kepala tidak lebih besar dibanding bagian tubuh lain, maka ambillah foto sambil jongkok atau berbaring. Tubuh anak-anak pastinya akan lebih pendek daripada kita yang sudah terbilang dewasa, jadi kita harus merelakan untuk melakukan pengambilan gambar sambil jongkok atau berbaring. Sebagai pengecualian adalah apabila kita memang menginginkan efek ataupun angle tertentu.

  1. Gunakan Alat Bantu

Nyatanya, tidak semua anak gemar berpose ataupun bergaya luwes, apalagi saat mereka sedang berada di depan kamera untuk difoto. Jika anak tampak canggung, kaku atau merasa malu, maka manfaatkan alat bantu yang tersedia. Mainan terutama adalah alat bantu yang ampuh. Jika anak gemar bermain boneka, berikanlah boneka.

Jika anak gemar bermain mobil-mobilan, maka berikanlah mobil-mobilan. Jika memang tidak tersedia mainan, berikan saja barang lain untuk mereka pegang, seperti bolpen, buku atau barang lain. Anak akan melupakan rasa canggung mereka dan mulai menunjukkan ekspresi alami mereka.

Baca Juga : Teknik Foto Menghasilkan Gambar yang Bagus di Bawah Terik Matahari

  1. Tanyakan Cita-cita Mereka

Mengajak anak mengobrol adalah cara ampuh untuk mengusir rasa canggung, kaku dan malu yang mereka rasakan. Tanyakan cita-cita ataupun tokoh kartun favorit anak. Pakaikan kostum sesuai cita-cita ataupun tokoh favorit mereka. Anak akan berfantasi untuk menjadi seperti apa yang mereka inginkan sehingga segala perasaan kaku yang dirasakan akan menghilang.

  1. Jangan Paksa Anak Untuk Tersenyum

Memaksa anak untuk tersenyum dalam foto justru akan membuat mereka menarik bibir dengan kaku. Pose yang bagus sebenarnya tidak harus selalu tersenyum. Beberapa anak memang memiliki mimik muka yang serius sehingga tidak perlu dipaksakan untuk tersenyum saat difoto.

  1. Gunakan Mode Continue/Burst

Tips foto anak yang terakhir adalah untuk anak cenderung banyak bergerak serta tidak bisa diam. Untuk mengatasinya, bisa digunakan mode Continue/Burst. Selain itu, dapat pula digunakan Mode Scene: Sports.  Bisa jadi kita akan kewalahan dalam memaksakan kamera mencari fokus pada mode Single. Mode Continue/Burst akan membuat kita semakin terbantu dalam memotret anak-anak. Jika kita menggunakan settingan otomatis, maka gunakan mode Scene Sports/Children.

Itulah enam tips foto anak dalam mendapatkan foto anak yang ekspresif. Fotografi anak memang susah susah gampang. Anak harus dikondisikan tanpa merasa terpaksa melakukannya. Hasil terbaik dalam fotografi anak mungkin akan butuh sekian shot dan tidak dalam sekali bidik. Fotografer yang sudah biasa menangani fotografi anak pastinya sudah paham benar apa saja yang harus dilakukan agar hasil fotonya bagus. Tips foto anak yang ekspresif ini akan dapat dipajang sebagai foto di rumah ataupun sekedar sebagai koleksi saja.

One Reply to “Enam Tips Foto Anak Agar Ekspresif”

Comments are closed.