Fotografi Untuk Profesi

Fotografi Untuk Profesi

Fotografi Untuk Profesi. Fotografi merupakan hal yang menjadi tren dan hobi yang sangat di gemari banyak orang. Di masa sekarang yang sering disebut sebagai era kekinian, fotografi dapat menjadi hanya sekedar hobi dan kesukaan, namun juga dapat menjadi profesi seseorang. Mungkin hal ini terdengar sedikit tidak meyakinkan di jaman dahulu.

Namun hal ini sangatlah wajar dan bahkan di ingini oleh banyak orang bahwa fotografi bisa menjadi profesi. Banyak keuntungan atau kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan menjadikan fotografi sebagai profesi asalkan anda memang memiliki niat dan bakat di bidang ini.

Modal Dasar MenjadiKan Fotografi Untuk Profesi

Namun banyak hal juga yang mungkin sedikit merepotkan jika anda ingin menjadikan fotografi untuk profesi anda sekaligus untuk menghidupi dan mencukupi kebutuhan sehari-hari anda.

  • Hal pertama yang perlu anda siapkan adalah kamera yang juga menjadi modal utama. Kamera yang anda pakai pun tidak bisa sembarang, karena diperlukan untuk menjaga keprofesionalitasan anda. Harga kamera yang tidak murah mengharuskan anda untuk sedikit repot dalam hal menabung atau mengeluarkan biaya yang besar untuk modal awal ini.
  • Hal selanjutnya adalah anda perlu mempersiapkan berbagai peralatan untuk melengkapi dan mendukung profesi anda ini. Harga peralatan atau perlengkapan fotografi pun tidak murah, jadi anda harus benar-benar menyiapkan modal yang besar jika ingin menjadikan fotografi sebagai profesi anda.
  • Hal ketiga yang perlu anda lakukan adalah terus belajar dan mengasah kemampuan fotografi anda. Anda harus giat belajar dan terus berinovasi serta banyak berlatih mengambil foto dengan sudut yang tepat untuk berbagai objek dan kondisi. Anda juga perlu belajar mengenai konsep fotografi sehingga anda semakin mahir dalam bidang ini. Bila perlu, anda dapat mengikuti pelatihan atau kelas khusus fotografi yang ditawarkan oleh banyak fotografer ternama atau sekolah khusus untuk fotografi.

Menetapkan Jenis Fotografi Untuk Profesi

Setelah anda selesai menyiapkan modal dasar untuk memulai profesi ini. Selanjutnya anda perlu memperdalam pekerjaan ini dengan cara mengetahui. Dan menetapkan jenis fotografi apa saja yang ada dan yang akan anda kerjakan.

  1. Jenis fotografi yang pertama adalah fotografi Fashion. Sebagai fotografer yang berkecimpung di dunia Fashion. Anda akan selalu bersentuhan dengan model dan segala macam tren pakaian dan aksesoris yang ada. Anda tentunya perlu mempelajari bagaimana cara memotret model hingga hasil foto bisa sesuai dengan permintaan pelanggan.
  2. Jenis fotografi yang kedua adalah fotografi periklanan. Biasanya fotografer dengan jenis profesi fotografi ini akan memiliki studio khusus untuk tempat pelanggan dapat memakai jasa fotografer tersebut. Dengan memberikan produknya untuk di foto sebagai bahan untuk di iklankan. Atau ada juga fotografer yang bekerja sebagai Freelancer yang dapat dipanggil ke kantor atau rumah pelanggan untuk memotret produk jualan mereka. Produk yang paling sering difoto dan diiklankan adalah produk-produk makanan dan minuman kemasan.
  3. Jenis fotografi yang selanjutnya adalah fotografi pernikahan. Fotografer ini biasanya akan membuka jasa dengan menyediakan paket komplit foto dari Pre-wedding sampai dengan hari pernikahan. Namun ada juga fotografer yang khusus memotret dan mengabadikan momen spesial yaitu hari pernikahan.
  4. Jenis fotografi yang ke empat adalah Nature fotografi. Orang-orang yang bekerja sebagai fotografer jenis fotografi ini akan selalu bersentuhan dengan alam. Mereka juga akan dibagi lagi ke dalam bidang khusus mereka yaitu Landscape fotografi, Wildlife fotografi, Seascape fotografi, Underwater fotografi, dan Cloudscape fotografi.
  5. Jenis fotografi yang selanjutnya adalah jurnalis fotografi. Para fotografer yang bekerja di bidang ini akan banyak meliput berbagai kejadian dan keadaan di seluruh dunia. Mereka akan benar-benar mengambil gambar atau mengabadikan momen atau sebuah peristiwa yang terjadi yang bersejarah melalui kamera. Itulah berbagai jenis fotografi yang ada.