Gear Mahal Bisa Jadikan Seseorang Menjadi Seorang Fotografer Handal?

Gear Mahal Bisa Jadikan Seseorang Menjadi Seorang Fotografer Handal?

Mungkin bagi banyak orang yang sedang memulai hobi fotografi akan terperangkap pada suatu pemikiran umum yang justru menurut banyak fotografer profesional adalah tidak tepat. Pemikiran umum apakah itu? Pemikiran umum yang dimaksud adalah jika seseorang sudah memiliki gear atau perangkat fotografi yang berharga sangat mahal, maka dia sudah layak disebut seorang yang pro.

Tentunya akan menjadi satu hal yang cukup lucu sekaligus naif karena banyak fotografer terkenal yang bakal mengatakan bahwa apapun gearnya, jika tidak dapat memaksimalkan juga akan percuma atau juga akan kalah dengan seorang fotografer dengan jam terbang tinggi yang hanya menggunakan gear biasa saja atau tidak terlalu mahal.

Pernyataan semacam itu sudah ada sejak berdekade lalu dan terus menjadi perdebatan antara sesama fotografer baik secara langsung atau di forum-forum internet. Banyak yang mendukung pernyataan bahwa gear mahal sama artinya dengan pembaiatan seseorang menjadi berstatus pro dan ada pula yang menyangkalnya. Kesemua kubu juga memiliki argumen pribadi yang digunakan untuk memperkuat pendapatnya itu.

Memang semua pendapat tersebut sangat relatif karena pada dasarnya tidak ada yang patut dipersalahkan ataupun dibenarkan dan hal tersebut tergantung dari sudut pandang masing-masing. Akan tetapi yang wajib menjadi pertimbangan dan pemikiran adalah sebenarnya lensa terbaik yang pernah ada adalah mata manusia atau mata sang fotografer itu sendiri. Jadi dapat dikatakan bahwa perspektif bagus atau tidaknya sebuah karya fotografi tersebut tergantung dari masing-masing fotografer dan gear hanyalah alat yang membantu untuk mengabadikannya saja.

Kembali ke masalah gear mahal adalah perubah status seorang newbie menjadi pro secara otomatis, pernyataan semacam ini tidak sepenuhnya dapat dikatakan benar karena seorang fotografer pemula tidak akan mendapatkan hasil yang bagus walaupun didukung oleh gear super mahal jika tidak mempunyai dasar pengetahuan dan ilmu fotografi serta jam terbang tinggi.

Oleh karenanya, bagi seorang pemula disarankan untuk tidak terburu nafsu memiliki beragam lensa atau body kamera yang mahal hanya agar terlihat keren dan levelnya sudah tinggi. Gunakan saja kamera-kamera standar atau yang pro-summer untuk melatih insting dan menambah jam terbang.

Fotografer Handal

Namun apa bila pernyataannya sedikit diubah menjadi gear mahal dapat mempengaruhi hasil bidikan menjadi lebih bagus, maka jawabannya adalah tepat sekali. Hal itu dikarenakan semakin majunya zaman dan perkembangan di dunia fotografi, maka semakin banyak pula gear-gear hebat yang tercipta. Tentunya harganya pun cukup membuat mata terbelalak.

Dengan gear-gear hebat dan mahal tersebut, maka tugas seorang fotografer akan semakin dipermudah dan juga akan ada banyak fitur yang dapat membantunya dalam mengabadikan sebuah momen.

Contohnya saja, jika beberapa dekade lalu belum diciptakan kamera full-frame atau juga lensa-lensa yang memiliki fungsi beragam, hasil fotografi yang tercipta juga tidak begitu maksimal. Sekarang ini, dengan kamera yang sudah sangat canggih ditambah dengan penggunaan lensa yang memiliki fungsi tertentu, maka hasil yang diinginkan pun dapat tercipta sesuai dengan keinginan.

Jadi dari semua pernyataan dan penjelasan di atas, maka selain dapat menjawab pertanyaan seputar gear mahal, pernyataan “Apapun kameranya tidaklah masalah,” juga dapat direvisi sekarang ini. Kenapa begitu, karena kamera memiliki andil khusus dalam sebuah pemotretan selain karena didukung oleh lensa, filter, teknik dan pengetahuan mengenai fotografi. Dengan kata lain, kamera adalah sebuah rangkaian yang tidak dapat diputus begitu saja ketika berbicara mengenai fotografi.