Hal-hal yang Wajib Diketahui Sebelum Melakukan Cityscape Photography

Hal-hal yang Wajib Diketahui Sebelum Melakukan Cityscape Photography

Cityscape photografi atau fotografi lingkup perkotaan adalah salah satu bagian dari fotografi landscape yang juga memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Jenis tema fotografi satu ini dapat mengabadikan sebuah kota dari atas agar bangunan-bangunan yang ada di dalamnya dapat terlihat secara keseluruhan sekaligus menangkap sisi-sisi batas dari kota yang bersangkutan atau juga memotret icon kota tersebut dari angle tertentu tanpa harus memotret dari ketinggian.

Memang tidak ada masalah ketika harus melakukan fotografi cityscape ini pada waktu pagi, siang ataupun sore hari, namun lebih disarankan untuk melakukannya ketika matahari sudah kembali ke peraduannya dan geliat aktivitas perkotaan sudah mulai menampakkan diri dengan lampu-lampu yang menyala di banyak tempat.

Bagi yang ingin mencoba bereksperimen dengan mengambil tema fotografi cityscape, maka beberapa hal di bawah ini wajib menjadi perhatian karena memang dirasa cukup penting untuk diketahui.

Menentukan tempat

Dalam melakukan cityscape photography, kamu dapat memulai untuk mencari tempat yang cocok dalam pengambilan gambar. Kamu dapat mencari tempat di dataran tinggi agar banyak obyek yang dapat tertangkap atau juga satu icon kota yang menarik dan menandakan jati diri dari kota yang bersangkutan.

Menentukan waktu

Seperti yang disebutkan di atas, tidak ada masalah jika harus mengambil waktu pagi, siang ataupun sore, namun lebih disarankan untuk melakukan cityscape photography pada waktu malam hari. Selain malam hari, ada pula 2 waktu yang sangat disarankan untuk digunakan dalam melakukan cityscape photography, yaitu saat golden hour atau blue hour.

Yang dimaksud dengan golden hour adalah waktu ketika matahari baru saja beranjak keluar dari peraduannya atau sekitar pukul 5.30 pagi sampai dengan pukul 5.45, sedangkan blue hour adalah waktu di mana cahaya matahari sudah mulai meredup atau sekitar pukul 17 sampai dengan 17.15. Untuk mendapatkan waktu-waktu tersebut, kamu tentu harus menunggu karena durasinya sangatlah singkat.

Cityscape Photography

Peralatan yang wajib dibawa

Tentu saja peralatan pertama yang harus dibawa adalah kamera dan yang kedua adalah lensa. Untuk lensa, kamu dapat menggunakan lensa wide angle atau juga yang memiliki focal lenght cukup lebar tanpa harus membuat obyek bagian luar terlihat bengkok.

Setelah lensa, filter juga dapat dibawa serta. Hanya saja, filter lebih tepat digunakan ketika kamu mengambil fotografi cityscape pada waktu pagi atau siang hari, karena saat sore atau terlebih malam hari, filter tersebut tidak akan banyak membantu.

Peralatan lain yang tak kalah penting untuk dibawa adalah tripod karena dalam mengabadikan obyek luas, terutama pada waktu malam hari, setelan kamera akan diatur dalam posisi mendekati Bulb. Hal itu dikarenakan agar obyek masih dapat terlihat walaupun pada malam hari dan setiap lampu-lampu kendaraan akan terkesan seperti serabut benang yang menyala.

Angle dan komposisi

Seperti halnya landscape photography, kamu juga masih tetap memikirkan masalah angle dan komposisi dalam pengambilan foto cityscape. Hal tersebut dirasa penting karena dengan mempertimbangkan komposisi serta angle, maka hasil yang didapatkan nanti akan sesuai keinginan.

Bagi yang memotret deretan bangunan dan gedung-gedung dari atas, maka disarankan untuk mengambil komposisi lebih banyak pada bagian daratan. Sedangkan untuk yang mengambil icon atau tanda kota, maka dapat menggunakan angle dari samping atau sedikit serong. Hal itu dikarenakan jika mengambil foto secara langsung dengan angle lurus, maka hasilnya tidaklah terlalu istimewa.