Hal Penting yang Perlu Disiapkan Dalam Fotografi

Hal Penting yang Perlu Disiapkan Dalam Fotografi

Menjadi fotografer haruslah totalitas. Apapun objek yang harus di foto supaya diberi teknik sedemikian rupa agar menghasilkan sebuah capture yang memuaskan. Pada kenyataanya, seorang fotografi biasanya memiliki bidang tertentu. Sebagai contoh, ada fotografer yang handal di bidang weeding photograph, ada juga yang ahli di bidang scenery photograph, di sisi lain ada juga yang hanya handal di bidang building photograph. Apapun jenis keahlian anda di bidang fotografi, hendaknya diasah sampai menjadi seorang ahli.

Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi

Selain mengerti tentang kamera dan pemotretan, seorang fotografer juga diwajibkan mengetahui tentang teknik pencahayaan atau lighting. Meskipun berada di luar ruangan atau outdoor dimana ada matahari bersinar terang, pengaturan cahaya juga perlu dilakukan. Bisa anda bayangkan bagaimana hasil foto outdoor yang didapatkan ketika matahari tepat berada di atas kepala. Tentu saja hasilnya akan gelap. Hal ini dikarenakan cahaya matahari hanya akan menyinari bagian atas kepala dan bayangan yang dihasilkan akan menutupi bagian wajah.

Ada teknik lighting yang harus dikuasai oleh seorang fotografer. Diantaranya ialah lighting dari arah bawah. Lighting ini membuat kesan seram dan horor akan lebih kuat. Teknik lighting yang kedua ialah main lighting diletakkan di serong belakang. Dalam teknik ini objek akan cenderung terlihat lebih gelap namun tidak seluruhnya karena masih ada cahaya dari belakang. Cahaya yang mengenai muka hanya sekita 15% saja. Teknik yang ketiga ialah diletakkan tepat di depan objek dengan jarak yang normal. Tenik lighting ini disebut juga beauty lighting. Kemudian ada teknik lighting menyamping lurus sejajar dengan bentuk badan. Dikarenakan main lightingnya berada di samping badan, maka bayangan yang dihasilkan ilaha 50% dari badan.

Teknik selanjutnya ialah lighting dengan main lighting diletakkan di depan dengan keadaan menyerong 70 derajat. Bayangan yang dihasilkan oleh teknik lighting ini akan menutupi 20% bagian wajah. Setelah memahami dunia lighting, anda juga perlu memahami tentang komposisi foto untuk mendapatkan hasil foto yang proposional. Berikut ini beberapa teknik komposisi foto yang bakal membuat foto anda lebih ciamik. Komposisi foto yang pertama ialah Komposisi foto golden shape. Yakni komposisi foto dengan cara membagi foto bertepi garis nyata dan maya. Dengan demikian akan terbentuk sebuah kontras cahaya yang padu. Komposisi selanjutnya, ada komposisi foto perspektif.

Kecangihan Lensa Kamera Akan Dimanfaatkan Oleh fotografer

Dalam teknik foto komposisi ini, fotografer akan menggunakan kecanggihan lensa kamera yang dimilikinya. Sehingga hasil yang dihasilkan lebih condong pada satu titik fokus. Selain teknik komposisi di atas, ada juga teknik komposisi keseimbangan foto. Teknik keseimbangan foto ini diperlukan untuk mengatur kesesuaian antara tinggi dan rendahnya sebuah objek yang terdapat pada foto tersebut. Demikianlah beberapa teknik komposisi dalam dunia fotografi. Anda akan mendapatkan hasil foto yang memuaskan jika mampu mengombinasikan komposisi tersebut.

Komposisi foto yang lain ialah teknik komposisi simetris foto. Sesuai dengan namanya komposisi foto ini mengharuskan fotografer untuk mencari titik simetris dari sebuah objek yang akan dipotret. Keseimbangan antara kiri dan kanan harus seimbang. Komposisi foto simetris ini biasanya dipakai ketika diadakan foto ktp atau foto pelajar. Selain itu, ada Rule of third. Teknik foto ini merupakan teknik komposisi fotografi yang paling dasar. Sebagai fotografer, anda wajib mengetahuinya. Dalam teknik komposisi ini, bidang objek akan dibagi menjadi 9 kotak. Pembagian 9 kotak ini akan membuat objek lebih terkesan indah dan casual.