Kiat-kiat Sederhana Memotret Menggunakan Smartphone

Kiat-kiat Sederhana Memotret Menggunakan Smartphone

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sekarang ini para produsen smartphone terkesan seperti ingin bersaing dengan para produsen kamera. Buktinya saja, tidak sedikit smartphone terbaru sekarang ini memiliki besaran resolusi lensa yang setara dengan yang ada dan dimiliki kamera-kamera mirrorless sampai dengan DSLR sekarang. Bahkan tidak sedikit yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur khusus untuk mendukung sisi fotografinya.

Oleh karena itu, sekarang ini tidak jarang ada hasil fotografi yang sangat bagus namun tidak menggunakan kamera pada umumnya, melainkan hanya menggunakan smartphone saja. Hanya saja, bukan satu hal yang mudah untuk dapat menghasilkan foto menarik dengan smartphone saja, karena selain dibutuhkan pengalaman dan jam terbang tinggi, diperlukan juga pengetahuan mengenai teknik fotografi yang bagus.

Nah, bagi yang ingin mencoba mengembangkan hobi atau bakat fotografinya hanya dengan menggunakan smartphone, maka kiat-kiat berikut mungkin dapat membantu.

Lighting

Cahaya adalah salah satu faktor terpenting dalam dunia fotografi karena pada dasarnya fotografi adalah teknik membekukan obyek dan menangkap cahaya. Dan untuk memulai memotret menggunakan smartphone, maka pastikan untuk mengambil obyek yang ada di area cukup terang atau banyak cahaya. Hal itu dikarenakan salah satu kelemahan smartphone dibandingkan kamera pada umumnya adalah ketika dipakai untuk mengambil gambar di tempat gelap, hasilnya kurang begitu bagus. Setelah mendapatkan tempat yang representatif, maka mulailah bermain-main dengan timing, angle dan arah jatuhnya cahaya.

Angle

Selain memahami masalah pencahayaan atau lighting, maka hal lain yang harus diketahui adalah masalah angle atau sudut pengambilan gambar. Tidak peduli obyek yang akan dipotret memiliki cita rasa seni tinggi atau tidak atau bahkan kurang menarik sekalipun dapat saja dibuat menarik ketika angle yang diambil sangat tepat.

Obyek diam

Memang saat ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan fitur continous shutter, namun usahakan dalam bereksperimen menggunakan smartphone untuk memilih obyek yang diam atau tidak bergerak. Hal itu dikarenakan kecepatan sensor lensa pada smartphone tidak sehebat apa yang dimiliki kamera pada umumnya. Walaupun akhirnya mampu mengambil gambar yang bergerak dengan menggunakan smartphone, namun hasilnya akan sangat berbeda ketika media yang digunakan adalah DSLR atau mirrorless.

Optimalkan fitur bawaan

Saat ini sudah sangat banyak sekali aplikasi-aplikasi pendukung kamera, namun disarankan untuk lebih memaksimalkan fitur bawaan dan juga kamera pada smartphone. Hal itu perlu dilakukan karena ketika harus menggunakan kamera via aplikasi, maka hasil dan kualitasnya akan tereduksi, sedangkan dengan fitur kamera bawaan, maka hasilnya akan seperti aslinya. Dan baru kamu dapat mengedit foto tersebut menggunakan aplikasi-aplikasi third party lainnya.

Kamera Smartphone

Tripod

Biarpun menganggap bahwa lengan atau tangan sendiri cukup kokoh ketika hanya sekadar digunakan untuk memegang smartphone saja, namun patut diketahui bahwa setiap manusia selalu memiliki kecenderungan untuk bergerak, walaupun sepermili saja. Hal itu dikarenakan ada detakan jantung atau tarikan napas yang membuat tubuh tidak benar-benar stabil tanpa bergerak sedikitpun. Oleh karenanya, penggunaan tripod adalah salah satu hal yang sangat disarankan ketika memotret menggunakan smartphone.

Tematis

Salah satu hal yang selalu membuat foto itu menarik adalah ketika ada tema di balik pembuatannya. Oleh karena itu, dalam menggeluti dunia fotografi menggunakan smartphone, maka disarankan untuk selalu memikirkan temanya terlebih dahulu sebelum memulai.

Terus mencoba

Banyak fotografer terkenal akan menyarankan kepada siapa saja yang baru memulai belajar fotografi untuk terus mencoba. Hal itu dapat membuat dan melatih insting fotografer pemula tersebut dalam mengebadikan sebuah obyek atau momen. Dengan semakin sering mencoba dan menambah jam terbang, maka semakin bagus pula nantinya foto yang dihasilkan.