Manfaat Belajar Fotografi Bagi Anak-anak Menurut Diana Nazareth

Menurut Diana Nazareth, Manfaat Belajar Fotografi Bagi Anak-anak

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, tidak sedikit anak yang telah mengenal apa itu foto serta kamera. Bahkan, anak-anak zaman sekarang juga sudah tahu bagaimana caranya mengambil foto selfie. Nyatanya, fotografi memang punya manfaat tersendiri untuk anak-anak. Dikutip dari CBC California, fotografer asal Toronto bernama Diana Nazareth membagikan pendapatnya seputar fotografi dan anak-anak.

Menurutnya, fotografi memang telah menajdi sebuah cara baru di era modern seperti sekarang ini dalam melakukan interaksi serta komunikasi dengan orang lain. Baginya, mengambil foto menggunakan kamera, tablet ataupun smartphone bisa jadi cara mereka dalam berbagi pengalaman ataupun cerita seru yang pernah dialami.

Fotografi akan menjadi media di mana anak menceritakan aneka hal, seperti tempat yang mereka singgahi ataupun mengenalkan anggota keluarganya pada orang lain. Manfaat lain fotografi bagi anak menurut Diana ialah membantu dalam mengembangkan kemampuan melihat dan bicara anak.

Melalui fotografi, hubungan antara visual serta bentuk ekspresi anak akan dapat dikuatkan. Diana turut membagi pengalamannya saat ia menggelar sebuah workshop foto khusus untuk anak-anak. Dalam workshop tersebut, ia meminta anak-anak untuk banyak menulis serta menggambar.

Dari hasil workshop, Diana menangkap bahwa peserta menciptakan koneksi antara dasar fotografi serta dasar kegiatan tulis menulis. Salah satu contohnya adalah saat mereka diminta untuk menentukan timing, framing serta fokus dan perspektif.

Lebih jauh, Diana Nazareth melanjutkan bahwa ada sangat banyak aktivitas fotografi yang mudah serta pastinya menyenangkan bagi anak. Di antaranya family photo walk hingga membuat foto serta bercerita dengan sumber dari sebuah foto.

Family photo walk akan mengajarkan anak terkait warna, tempat serta bentang alam yang ia temui sepanjang jalan. Setelah itu, anak dapat ditantang untuk mengabadikan momen maupun objek yang ada di sekitarnya. Jika anak telah mengambil foto, maka langkah selanjutnya adalah bercerita seputar foto yang diambilnya tersebut.

Baca Juga : Aneka Ide Aktivitas Fotografi Untuk Anak

Diana Nazareth turut memaparkan bahwa fotografi akan dapat menambah kreativitas anak serta mengembangkan kemampuan motorik mereka. Memegang kamera serta menekan shutter sembari melihat viewfinder ialah hal yang tidak mudah dilakukan anak-anak.

Dikutip dari lama Click It Up a Notch, anak yang lebih besar bisa mencoba aneka teknik pengambilan gambar hingga menentukan fokus, komposisi foto serta pencahayaan. Melakukan ini akan mengasah anak dalam memecahkan masalah.

Misalnya, jika gambarnya gelap, maka apa yang harus dilakukannya agar menjadi lebih terang? Saat anak belajar fotografi, di samping ada kemampuan yang diasah, mereka juga pasti dapat bersenang-senang.

Saat-saat mengambil foto adalah saat-saat menyenangkan, apalagi saat mereka menunjukkan hasil fotonya pada keluarga. Pastinya ada rasa kebahagiaan serta kebanggaan tersendiri bagi anak saat berhasil mengambil foto yang menarik dan mendapat pujian dari orang lain.

menurut Diana Nazareth, fotografi pada anak tetap harus menyesuaikan usia serta kemampuan mereka. Selain itu, orangtua hendaknya tidak memaksa anak untuk terus melakukan latihan fotografi jika anak memang tidak menunjukkan ketertarikan pada bidang tersebut. Fotografi sendiri memang terbukti dapat melatih kreativitas anak dan juga dilakukan melalui cara-cara yang menyenangkan.

Beberapa di antaranya adalah berburu foto hingga belajar menggunakan aneka software editing agar hasil foto tampak lebih memuaskan. Orangtua bisa mengajak anak untuk berlatih fotografi setidaknya sekali dalam seminggu. Latihan fotografi di luar ruangan seperti ini sekaligus akan jadi kegiatan yang menyenangkan untuk mereka selain bermanfaat dalam mengasah kreativitas anak.

2 Replies to “Manfaat Belajar Fotografi Bagi Anak-anak Menurut Diana Nazareth”

  1. kalo punya modal si bisa, buat biayi ank beli kameranya.
    kalo untuk yang hidup pas”an mungkin bisa pake kamera HP yah

Comments are closed.