Mau Hasil Fotografi Pemandangan Terlihat Bagus? Baca Ini

Fotografi Pemandangan

Saat berada di tempat dengan pemandangan yang bagus, setiap orang pasti ingin mengabadikan Fotografi Pemandangan bagus tersebut. Salah satu cara terbaik untuk mengabadikan momen tersebut adalah dengan memotretnya. Tak hanya fotografer professional saja yang tergila-gila dengan fotografi pemandangan.

Orang awam yang punya ketertarikan dengan dunia fotografi pun melakukan hal yang sama. Mereka kerap pergi ke suatu tempat yang bagus, kemudian mengabadikannya dengan smartphone atau kamera. Bagi Anda yang masih awam dalam hal fotografi, ini dia beberapa tips yang harus Anda baca sebelum memotret pemandangan.

Tips Fotografi pemandangan lanscape pemandangan berikut ini akan membantu Anda menghasilkan foto yang bagus layaknya seorang professional. Simak saja tipsnya berikut ini.

  1. Pilih Spot Foto yang Menarik

Belajar foto landscape atau foto pemandangan menuntut Anda untuk peka kira-kira spot mana yang bisa menghasilkan foto yang bagus. Pada dasarnya, pemandangan apa pun bisa diambil gambarnya, entah itu padang rumput, persawahan, pegunungan, perkotaan, atau yang lainnya.

Kuncinya adalah Anda harus tahu spot mana yang kira-kira bisa menghasilkan foto yang menarik. Pilihlah lokasi yang tidak biasa dan punya sudut yang bagus. Jadi, meskipun di tempat yang sama dengan fotografer yang lain, Anda tetap bisa menghasilkan foto terbaik yang punya sudut berbeda dari foto-foto kebanyakan.

  1. Perhatikan Foreground, Middleground, dan Backgroud

Untuk menghasilkna foto pemandangan yang bagus, foto tersebut harus memuat unsur-unsur middleground, foreground, dan juga backgroung. Dengan begitu, foto pemandangan yang Anda hasilkan akan terlihat lebih dalam. Foto tersebut pun bisa dinikmati di setiap ujung. Pemirsa bisa mengeksplorasi kedalaman foto yang Anda buat.

Baca Juga : Tips Fotografi di Dalam Air Paling Mudah

Untuk menghasilkan foto dengan semua unsur di atas, gunakanlah kamera dengan bukaan kecil. Kamera semacam ini bisa memaksimalkan pemandangan sehingga semua bidang pada foto pemandangan bisa dalam satu fokus. Pastikan Anda menggunakan tripod untuk menopang kamera digital. Teknik pengambilan foto harus tepat supaya hasil gambarnya juga sempurna.

  1. Lead The Eye

Ambillah gambar pemandangan yang alami dan mengarahkan mata pemirsa ke unsur-unsur yang ada dalam gambar, yaitu dari foreground sampai dengan background. Misalnya, Anda memotret pemandangan alam mulai dari aliran sungai yang berkelok, barisan pohon, hingga nampah pegunungan di kejauhan.

  1. Waktu

Tak semua waktu bisa menghasilkan foto pemandangan yang bagus. Waktu terbaik untuk menghasilkan foto pemandangan yang bagus adalah awal dan akhir hari. Pada waktu tersebut, cahaya alam masih dalam posisi rendah. Pencahayaan di posisi rendah akan menghasilkan bayangan yang sangat menarik.

Anda juga bisa menghasilkan gambar dengan detal yang dalam. Warna langit yang indah pun sangat mendukung untuk menghasilkan gambar yang bagus. Bagi para fotografer, waktu fajar dan senja disebut dengan golder hour.Untuk membuat foto pemandangan yang bagus, hindari foto pada siang hari yang terik.

Sinar matahari bisa menghasilkan banyak kontras foto sehingga bisa mengaburkan detail foto. Lampu overhead yang cukup keras saat siang hari juga bisa meratakan detail dari foto pemandangan yang sedang dibuat.

  1. Pakai filter Polarizing

Untuk menambah keindahan objek pemandangan, Anda bisa menggunakan filter polarizing. Filter ini punya efek yang sangat ajaib. Dengan mengaktifkan fitur ini, langit akan tampak semakin biru, dedaunan pun akan terlihat lebih hijau dan lebih subur. Anda pun bisa menghilangkan refleksi yang dirasa mengganggu. Untuk itu, disarankan untuk mengaktifkan filter polarising ini.

One Reply to “Mau Hasil Fotografi Pemandangan Terlihat Bagus? Baca Ini”

  1. Biasa sih, nampak pemandangan semuanya bagus kok.. belum lagi di dukung kameranya yang memiliki kualitas bagus.. uda pasti mantap dah..

Comments are closed.