Perhatikan Hal-hal Sepele Berikut untuk Ciptakan Foto yang Bagus

Perhatikan Hal-hal Sepele Berikut untuk Ciptakan Foto yang Bagus

Seperti halnya menulis, setiap orang tentunya mampu menulis, namun tidak semua orang mampu menjadi penulis yang baik. Hal tersebut juga berlaku dalam dunia fotografi di mana semua orang pastinya mampu memotret karena memang sangat mudah, hanya perlu memencet tombol saja dan obyek atau momen dapat terabadikan, namun belum tentu orang yang bersangkutan dapat menjadi seorang fotografer dengan hasil yang bagus.

Oleh karena itu, jika kamu ingin menghasilkan sebuah hasil foto yang bagus, maka beberapa kiat di bawah ini sangat penting untuk kamu ketahui dan pelajari serta terapkan.

Pahami gearmu

Tentunya untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, yang paling awal sendiri adalah memahami kamera dan lensa yang digunakan sebagai gear utama dalam memotret. Ada banyak fitur, tombol dan juga fasilitas-fasilitas pendukung lain yang berkaitan dengan kamera juga lensa. Oleh karenanya, sebelum menuju medan perang, maka kamu harus mengerti terlebih dahulu senjatamu.

Patuhi aturan

Memang ada ungkapan bahwa “aturan dibuat untuk dilanggar,” hanya saja dalam dunia fotografi ada aturan yang dikenal dengan istilah “Rule of thirds.” Peraturan ini diciptakan untuk dijadikan acuan dalam memotret. Walaupun terkadang membuat segala hal seperti tidak masuk akal, namun ada alasan kenapa Rule of thirds ini diciptakan dan sangat membantu sekali bagi para fotografer baik yang bertaraf pemula atau yang sudah jago.

Hindari goncangan

Salah satu hal yang patut dijadikan perhatian ketika memotret adalah sebisa mungkin untuk menghindari goncangan. Hal itu dikarenakan dengan goncangan yang terjadi maka hasil foto akan menjadi tidak fokus atau blur. Oleh karenanya, ketika memegang kamera, usahakan lengan dan tangan harus kuat. Namun jika merasa tangan atau lengan terlalu lemah, maka dapat menggunakan tripod sebagai media pembantunya.

Selain masalah pada diri sendiri, foto menjadi blur juga dapat dikarenakan pengaturan shutter speed yang tak tepat. Hal ini dalam artian bahwa ketika menggunakan shutter speed yang lambat dan sebelum lensa benar-benar menutup setelah mengumpulkan cahaya, kamera sudah berubah posisinya, maka hasil yang akan didapatkan adalah blur.

Buat Foto Bagus

Jarak

Memang tidak dapat diterapkan dalam berbagai hal, namun menurut seorang jurnalis foto terkenal, Robert Capa, “Jika fotomu tidak bagus, berarti kamu kurang dekat (dengan obyek).” Dikatakan tidak dapat diterapkan dalam berbagai hal karena menjadi satu hal yang aneh ketika mengambil tema landscape, namun justru mendekati obyeknya. Akan tetapi, menjadi satu hal yang bagus dan patut dilakukan ketika harus mengabadikan obyek tertentu.

Buatlah kesalahan

Untuk mendapatkan jam terbang tinggi, maka satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan terus memotret dari waktu ke waktu. Memang tidak semua hasil foto tersebut masuk dalam kategori bagus, namun dari 100 foto yang ada, pastinya ada 1 atau beberapa yang tidak jelek. Selain itu, dengan terus memotret dan melakukan kesalahan, maka dapat dijadikan pelajaran serta parameter untuk kemajuan pribadi.

Manfaatkan cahaya

Pada dasarnya, fotografi adalah sebuah teknik membekukan obyek atau momen sekaligus menangkap cahaya dalam satu waktu. Oleh karenanya, untuk mendapatkan foto yang bagus, maka manfaatkanlah cahaya walaupun itu kecil. Dengan cahaya yang ada, maka kamu juga dapat dengan mudah mendapatkan fokus.

Perbanyak pengetahuan, jangan perbanyak gear

Memang akan sangat terbantu ketika memiliki beragam gear, namun hal tersebut tidak dapat menjadi patokan bahwa kamu nantinya akan menjadi seorang fotografer yang selalu menciptakan hasil yang bagus. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, maka perbanyak pengetahuan dari banyak media atau orang. Akan menjadi satu kesia-siaan jika memiliki banyak gear, akan tetapi tidak dapat memaksimalkannya.