Teknik Foto Menghasilkan Gambar yang Bagus di Bawah Terik Matahari

foto di Bawah Terik Matahari

Salah satu waktu yang paling dihindari oleh para fotografer adalah pada saat siang hari di mana cahaya matahari sedang dalam kondisi terik. Pada waktu ini, terik matahari akan menghasilkan banyak kontras sehingga mengaburkan fokus gambar. Jika terpaksa harus memotret di bawah terik matahari, fotografer biasanya akan mengakalinya dengan menggunakan teknik foto back light.

Teknik Foto ini bisa dijadikan alternatif untuk menghasilkan foto yang bagus. Akan tetapi, jika objeknya adalah orang, tentu wajah si objek tidak akan terlihat jelas. Alternatif lain menyiasati fotografi di bawah terik matahari adalah sebagai berikut.

  1. Teknik Backlight dengan Flash

Untuk melawan sang matahari, Anda bisa menggunakan flash. Cahaya flash atau cahaya lain dari depan bisa menambah pencahayaan ke si model sehingga tubuh model akan terekspose dengan sempurna. Teknik ini sangat pas dipakai ketika ingin menampakkan subjek dan background-nya sekaligus. Besar cahaya dari depan harus diatur sedemikian rupa supaya wajah model tetap terlihat dan kedalaman foto tetap bagus.

  1. Teknik Backlight Siluet

Ini adalah teknik foto di bawah terik matahari yang paling gampang. Anda cukup mengukur pencahayaan di background-nya saja. Model pun tidak perlu diterangi cahaya dari depan sehingga gambar yang dihasilkan hanya berbentuk siluat. Karena fokusnya adalah siluet dari si model, atur posenya supaya masih tetap bercerita. Jika model foto siluet adalah sepasang kekasih, atur postur tubuh yang menunjukkan lelaki ingin mencium kekasihnya. Ini akan menjadi foto siluet yang sangat romantis dan penuh dengan cerita.

  1. Teknik Over Backlight

Tak perlu susah payah menyiasati terik matahari, jadikan over saja. Anda tak perlu memperhatikan backgroudnya, cukup fokuskan foto pada modelnya saja. Nantinya gambar yang dihasilkan akan terlihat hangus atau blown light atau over. Akan tetapi, jangan salah. Jika sudut pengambilan foto bagus dan fokusnya juga bagus, foto ini akan terlihat lebih elegan, simple, dan professional. Untuk menggunakan tips ini, silahkah gunakan les hood saat pemotretan. Lens Hood ini akan membantu menghilangkan kilauan yang tak diinginkan.

Baca Juga : Teknik Fotografi Kamera SLR Layaknya Professional

  1. Teknik Backlight dengan Kontras Rendah

Teknik fotografi dengan menggunakan kontras rendah memang tidak bisa diterapkan dalam setiap situasi. Mengapa demikian? Karena teknik foto menggunakan kontras rendah cukup berisiko. Anda harus mengukur kedua eksposure dari si model serta backgroundnya, dan berusaha mengambil “tengahnya”.

Pada saat cahaya sedang terik, posisikan kamera dalam kontras rendah. Atur eksposure seperti yang sudah dijelaskan di atas. Ambil beberapa gambar. Foto menggunakan teknik ini bisa dikatakan berhasil apabila model sedikit under dan backgroundnya sedikit over.

Itulah 4 teknik foto backlight yang bisa Anda lakukan ketika terpaksa melakukan pemotretan di bawah terik matahari. Seorang fotografer memang dituntut harus cepat tanggap dalam merespon alam, termasuk pencahayaan alami. Waktu terbaik pengambilan foto memang pada saat senja atau fajar.

Akan tetapi, bukan berarti waktu yang lain Anda tidak bisa mengambil gambar yang bagus. Anda tetap bisa mengambil gambar bagus di bawah terik matahari menggunakan teknik-teknik seperti yang dijelaskan di atas. Tidak bisa langsung sempurna, teknik fotografi memang harus dipelajari terus menerus supaya hasilnya sempurna.

Semakin banyak belajar, akan semakin bertambah pula keahlian Anda dalam menghasilkan gambar yang bagus. Demikian adalah sedikit informasi tentang teknik-teknik alternatif memotret di bawah terik matahari. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

One Reply to “Teknik Foto Menghasilkan Gambar yang Bagus di Bawah Terik Matahari”

Comments are closed.