Teknik Fotografi Kamera SLR Layaknya Professional

kamera SLR

Di dunia yang serba digital seperti sekarang ini, fotografi menjadi salah satu hal yang cukup penting. Untuk bisa eksis di dunia digital, sebut saja media sosial, Anda harus mempunyai foto yang bagus. Menghasilkan foto yang bagus ternyata tidak sesusah yang Anda bayangkan jika menggunakan kamera SLR.

Dengan memanfaatkan kamera SLR plus sedikit teknik pemotretan sederhana, Anda pun bisa menghasilkan foto yang bagus layaknya professional. Penasaran teknik fotografi seperti apa yang bisa Anda coba? Langsug sajasimak tips fotografi sederhana yang bisa menghasilkan gambar luar biasa berikut ini.

  1. Teknik Memotret dalam Kecepatan Cahaya

Pengetahuan dasar dalam dunia fotografi adalah jika Anda memotret objek yang bergerak, maka hasilnya pasti akan blur. Akan tetapi, bagaimana jika objeknya hanya diam dan kameranya yang bergerak? Tentu hasilnya akan berbeda lagi. Inilah yang disebut dengan teknik Zoom Burst.

Anda bisa mengubah zoom lensa saat mengambil foto sehingga bisa mendapatkan efek blur yang simetris dari satu titik fokus dan bergerak ke luar. Yang perlu diperhatikan ketika melakukan teknik ini adalah shutter harus dalam posisi terbuka ketika mengubah zoom. Speed kamera juga harus diperhatikan untuk mendapatkan efek blur seperti yang Anda inginkan.

  1. Teknik Force Perpective

Jika Anda ingin menghasilkan gambar yang lucu dan berbeda, Anda bisa menggunakan teknik ini. Pernahkah Anda melihat gambar di mana seseorang seolah-olah sedang mendorong menara Pisa yang kecil sementara orangnya terlihat seperti raksasa? Inilah yang disebut dengan teknik force perpective.

Anda bisa memanfaatkan perpektif dan kedalaman gambar. Anda bisa mengatur besar atau jecil benda dengan mengatur jarak benda dan posisi kamera Anda. Teknik foto seperti ini akan menghasilkan semacam ilusi raksasa. Teknik ini harus dilatih supaya bisa terlihat natural dan menarik.

  1. Filter Gambar Natural pakai Kantung Plastik

Ingin menghasilkan gambar yang bagus, tampak seperti difilter tetapi ternyata tidak pakai filter sama sekali‚ÄĚ Gampang, manfaatkan kamera dan kantung plastik. Lapisi kamera pinggiran kamera dengan kantong plastik putih yang agak tebal, tetapi jangan sampai menutupi kamera. Cobalah foto objek tertentu. hasil jepretan gambar pasti akan terlihat seperti difilter, padahal tidak sama sekali. Dengan teknik ini, Anda tidak perlu repot-repot belajar teknik editing.

Baca Juga : Mau Hasil Fotografi Pemandangan Terlihat Bagus? Baca Ini

  1. Menangkap Momen Keren dengan Teknik High Speed

Foto bulir air hujan yang jatuh atau detik-detik balon meletus memang sangat menarik. Apalagi jika Anda bisa menangkap beberapa momen keren dalam satu frame, pasti akan lebih menakjubkan. Cobalah pakai teknik fotografi High Speed untuk menghasilkan gambar yang sempurna.

Cara melakukan teknik ini adalah dengan mengatur flash kamera dalam setting rendah. Dengan begitu, gambar tidak akan blur ketika Anda memotret objek yang bergera. Lalu, pastikan Anda menggunakan mode kamera manual dan mengatur fokus kamera ke objek. Untuk mendapatkan gambar yang bagus, ada baiknya menggunakan tripod untuk menghindari tangan yang gemetar. Setelah itu, bidik saja objek yang Anda incar dan tunggulah momen indahnya terekam dalam gambar kamera.

Demikian adalah beberpaa teknik fotografi sederhana yang bisa Anda pakai untuk menghasilkan gambar yang bagus layaknya seorang professional dengan kamera SLR. Tak perlu pakai kamera yang mahal, cukup menggunakan kamera SLR yang Anda miliki. Asah kemampuan fotografi dengan terus mengambil gambar. Lama kelamaan, karya Anda pasti layak dijejerkan dengan gambar dari forografer profesional.

One Reply to “Teknik Fotografi Kamera SLR Layaknya Professional”

Comments are closed.