Teknik Membuat Foto yang Berhubungan dengan Makanan

Teknik Membuat Foto yang Berhubungan dengan Makanan

Teknik Membuat Foto yang Berhubungan dengan Makanan. Teknik dalam membuat foto mengenai makanan dikenal dengan istilah food photography. Istilah tersebut telah lama dikenal oleh mereka yang gemar akan fotografi dan memiliki kepentingan komersial berharga tinggi.

Teknik Membuat Foto Makanan

Teknik Membuat Foto Makanan

Foto makanan tersebut bahkan dapat dimuat pada majalah, menu makanan dan tabloid yang mengupas mengenai makanan. Di dalam menerapkan teknik memfoto makanan, ada tiga jenis cara yang biasa dilakukan para fotografer. Top angle, close up dan side angle merupakan tiga jenis cara atau teknik yang digunakan dalam pengambilan foto makanan. Jika Anda bertanya, teknik mana yang paling baik digunakan dalam pengambilan foto makanan, ketiga teknik tersebut merupakan pilihan yang tepat. Anda dapat menentukan teknik pengambilan foto makanan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kualitas gambar tersusun dengan baik dan menggunakan lensa yang baik guna mendapatkan foto makanan yang diinginkan. Tanpa adanya kualitas dari lensa tersebut, sangat sulit bagi Anda untuk menghasilkan foto yang diharapkan.

Di dalam membuat foto makanan, hindari penggunaan flash. Pencahayaan dalam pembuatan foto makanan memiliki arti yang sangat penting. Namun, flash tidak cukup baik digunakan demi mendapatkan pencahayaan yang tepat. Ada baiknya untuk mendapatkan cahaya matahari secara alami agar gambar yang dihasilkan memilki kualitas yang lebih baik. Tidak hanya itu, agar foto makanan yang dibuat memiliki sentuhan yang dinamis, penggunakan property yang tepat merupakan keputusan yang bijak. Garpu, sendok, pisau dan serbet merupakan property yang biasa digunakan. Agar tampilan foto makanan terkesan lebih hidup, Anda dapat menggunakan garnish sebagai property dari foto makanan tersebut. Anda juga membutuhkan paduan warna yang tepat agar foto makanan terlihat lebih bergairah. Jika foto makanan yang akan digunakan didominasi dengan warna-warna yang lembut, Anda dapat memberikan sentuhan warna yang mencolok pada sisi foto.

Kelengkapan Yang Dibutuhkan Untuk Mengambil Poto Makanan

Kelengkapan Yang Dibutuhkan Untuk Mengambil Poto Makanan

Cara ini dilakukan agar memperoleh foto makanan yang menarik. Tidak hanya itu, agar foto makanan dapat terlihat lebih baik, Anda harus melengkapinya dengan kelengkapan yang lainnya, seperti:

  • Light box
  • Software mengolah foto
  • Tripod
  • Lampu untuk pencahayaan

Hal penting lain yang wajib untuk dilakukan adalah dengan memilih lensa kamera dengan kualitas yang baik. Pemilihan lensa memiliki peranan yang penting bagi foto makanan itu sendiri. Jika Anda ingin membuat foto dengan tampilan close up, Anda dapat memilih lima jenis lensa. Lensa tersebut terdiri dari lensa 50 mm, 90 mm, 100 mm, 60 mm dan lensa 105 mm. Jika Anda memiliki budget lebih, ada baiknya Anda menggunakan lensa tilt shift untuk memperoleh foto makanan yang lebih berkualitas. Teknik tersebut merupakan cara tepat yang dapat Anda gunakan untuk membuat foto yang berhubungan dengan makanan. Dilihat dari hasil akhir akan teknik tersebut, Anda pastinya tidak akan merasa menyesal ketika menggunakan teknik-teknik tersebut.

Selain mendapatkan foto makanan yang diharapkan, Anda dapat menguasai teknik pengambilan foto makanan dengan lebih baik. Foto makanan yang Anda buat dapat dijual sehingga Anda akan memperoleh keuntungan dari segi materi. Anda bahkan dapat menggunakan foto-foto tersebut sebagai kumpulan foto pada media sosial untuk menarik perhatian orang banyak. Dengan foto makanan tersebut, siapa tahu Anda akan mendapatkan ajakan untuk melakukan kerja sama di bidang kuliner.  Semoga dengan adanya penjelasan mengenai taktik dalam pembuatan foto makanan ini, Anda semakin mahir dalam mengatur kamera sehingga membuahkan bidikan objek yang sempurna.