Teknik Mengatur Komposisi Dalam Dunia Photographer

Teknik Mengatur Komposisi Dalam Dunia Photographer

Teknik Mengatur Komposisi Dalam Dunia Photographer. Dalam dunia fotografi, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar bisa menghasilkan sebuah foto yang berkualitas dan memuaskan.

Mengatur Komposisi Dalam Fotografi

Mengatur Komposisi Dalam Fotografi

Salah satu elemen penting dalam dunia fotografi ialah komposisi. Seperti pada sebuah masakan, apabila komposisinya pas dan sesuai takaran, maka rasa yang akan dihasilkan juga akan lezat dan enak. Demikian juga dengan fotografi, ada beberapa elemen yang harus dipenuhi untuk menghasilkan kualitas foto yang bagus. Ada beberapa referensi dalam menggunakan teknik komposisi ini. Salah satu tokoh yang menggunakan teknik komposisi ini ialah Barry O Carrrol dan Steve Mc Curry.

Berikut ini akan diterangkan beberapa teknik komposisi yang akan membuat hasil fotografi anda semakin bagus.

Teknik yangpertama ialah teknik komposisi Rule of third. Teknik foto ini merupakan teknik komposisi fotografi yang paling dasar. Sebagai fotografer, anda wajib mengetahuinya. Dalam teknik komposisi ini, bidang objek akan dibagi menjadi 9 kotak. Pembagian 9 kotak ini akan membuat objek lebih terkesan indah dan casual. Interesting poin pada teknik ini ada 4 point. Sementara Interseting Lines terdiri dari 2 garis horizontal. Penempatan objek yang tepat akan membuat hasil yang berbeda dan lebih baik. Kamera digital saat ini telah dilengkapi dengan fitur ini, jadi fotografer hanya meletakkan pada posisi yang tepat.

Teknik komposisi yang kedua ialah foto golden shape. Komposisi foto golden shape merupakan komposisi foto dengan cara membagi foto bertepi garis nyata dan maya. Dengan demikian akan terbentuk sebuah kontras cahaya yang padu sehingga menghasilkan capture yang luar biasa. Pembagian antara garis nyata dan garis maya ini tidak ada ketentuannya karena ini merupakan hasil karya seni. Komposisi foto yang lain ialah teknik komposisi simetris foto. Sesuai dengan namanya komposisi foto ini mengharuskan fotografer untuk mencari titik simetris dari sebuah objek yang akan dipotret. Keseimbangan antara kiri dan kanan harus seimbang.

Komposisi foto simetris ini biasanya dipakai ketika diadakan foto ktp atau foto pelajar.

Komposisi selanjutnya, ada komposisi foto perspektif. Dalam teknik foto komposisi ini, fotografer akan menggunakan kecanggihan lensa kamera yang dimilikinya. Sehingga hasil yang dihasilkan lebih condong pada satu titik fokus. taruhan cbet

Komposisi selanjutnya ialah komposisi foto frame in frame. Yang dimaksud frame disini bukanlah frame yang sesungguhnya. Frame dalam seni komposisi ini ialah mencari sebuah objek untuk dijadikan sebuah frame untuk objek yang lain. Sebagai contoh objek seseorang yang sedang melakukan sholat di dalam surau, pengambilan objek tersebut bisa dilakukan dari luar surau dengan menggunakan jendela sebagai frame-nya.

Komposisi foto selanjutnya ialah leading lines. Komposisi foto ini akan membuat seperti garis nyata tanpa diatur sebelumnya. Susunan foto ini bisa anda praktekkan pada orang yang sedang melakukan perjalanan di gunung, jalan raya dan sebagainya..

Baca Juga: Teknik Pencahayaan Bagi Fotografer Pemula

Komposisi negative space merupakan teknik komposisi selanjutnya. Dalam teknik komposisi ini, fotografer mengambil objek dari sisi yang memakan banyak ruang kosong atau disebut negative space. Komposisi foto ini akan terlihat sangat pas jika diterapkan pada pemotretan sebuah pemandangan. Selain teknik komposisi di atas, ada juga teknik komposisi keseimbangan foto. Teknik keseimbangan foto ini diperlukan untuk mengatur kesesuaian antara tinggi dan rendahnya sebuah objek yang terdapat pada foto tersebut.

Demikianlah beberapa teknik komposisi dalam dunia fotografi. Anda akan mendapatkan hasil foto yang memuaskan jika mampu mengombinasikan komposisi tersebut.