Tips Fotografi di Dalam Air Paling Mudah

Tips Fotografi di Dalam Air Paling Mudah

Beberapa waktu yang lalu, trend foto di bawah air menjadi salah satu trend fotografi yang disukai oleh masyarakat. Tak hanya fotografer yang sudah handal, mereka yang masih awam dalam dunia tips fotografi juga ingin ikut andil dalam mengambil gambar di bawah air. Apakah susah menghasilkan gambar bagus di bawah air?

Jika memang Anda masih awam, tentu sangat sulit karena banyak tantangan. Untuk mereka yang sudah professional, tak terlalu sulit menghasilkan gambar bagus di bawah air. Nah, supaya gambar Anda tidak kalah dengan mereka yang sudah professional, simak dulu beberapa tips yang akan disampaikan berikut ini.

  1. Wajib Bisa Berenang

Tips Fotografi yang pertama untuk Anda yang mau mengambil foto bawah air adalah keahlian yang wajib Anda miliki selain memotret adalah berenang. Bagaimana mungkin Anda bisa mengambil gambar bawah air atau bawah laut jika Anda tidak bisa berenang? Mustahil bukan? Nah, keahlian ini wajib Anda miliki. Kemampuan berenang yang baik bisa membuat Anda merasa nyaman dan meminimalisasi risiko cedera saat berada di bawah air. Jika Anda belum begitu mahir berenang, silahkan belajar dulu, ya.

  1. Kenali Kondisi Bawah Air

Sama seperti ketika hunting foto di darat, sebelum ke lokasi pemotretan, Anda pasti akan melakukan survey lokasi dulu supaya bisa tahu sudut-sudut mana yang bisa menghasilkan gambar yang bagus. Jika tidak memungkinkan untuk datang langsung, Anda bisa searching sebanyak mungkin tentang lokasi bawah air yang akan dijadikan lokasi pemotretan.

Kenali kondisi bawah air di lokasi tersebut. Dengan mengenali medan bawah air, Anda akan bisa mengira-ngira objek apa yang akan dijadikan sebagai fokus pemotretan. Jadi, ketika sudah di lokasi, Anda tak perlu mencari-cari lagi apa saja objek foto Anda.

  1. Pilih kamera tahan air

Anda tentu tahu tidak semua kamera bisa digunakan untuk memotret di bawah air. Untuk itu, pastikan Anda memilih kamera tahan air. Ada beberapa kamera yang memang ditujukan khusus untuk memotret di bawah air. Nah, pakailah kamera khusus tersebut demi kenyamanan pengambilan gambar.

Jika Anda ingin memotret menggunakan smartphone, pastikan juga Anda memotret dengan menggunakan smartphone anti air. Belakangan ini, sudah ada smartphone canggih yang tahan air dengan kedalaman tertentu. Jika Anda memiliki smartphone dengan kriteria ini, bisa juga dijadikan media untuk mengambil gambar.

  1. Pakai Casing Anti Air

Untuk menambah keamanan dan kenyamanan selama di bawah air, tidak ada salahnya jika Anda membekali kamera dengan casing anti air. Untuk Anda yang menggunakan smartphone untuk berfoto, kehadiran casing anti air ini wajib sekali. Dengan menggunakan casing anti air, smartphone atau kamera yang Anda gunakan untuk memotret bisa tahan lama di dalam air dan lebih aman tentunya.

  1. Ambil foto sebanyak-banyaknya

Saat berada di bawah air, silahkan ambil foto sebanyak mungkin. Jangan menghabiskan waktu untuk melihat-lihat hasil jepretan karena waktu Anda di dalam air ini tidak banyak. Fokuskan saja pada pengambilan gambar sebanyak mungkin. Nanti, ketika sudah ada di darat, Anda bisa memilih foto-foto yang bagus. Cara ini lebih efektif daripada Anda harus terus berfokus pada hasilnya.

Baca Juga : Tips Fotografi di Tempat Minim Cahaya Menggunakan Kamera DSLR

Demikian adalah beberapa tips fotografi sederhana sebelum melakukan pemotretan di bawah air. Pastikan juga Anda menggunakan perlengkapan menyelam yang lengkap sebelum memulai foto. Memotret di bawah air memang lebih rumit dibandingkan dengan memotret di darat. Untuk itu, persiapannya harus matang.

2 Replies to “Tips Fotografi di Dalam Air Paling Mudah”

Comments are closed.