Trik Ampuh Memotret Anak Ala Fotografer Handal

Trik Ampuh Memotret Anak Ala Fotografer Handal

Di zaman modern seperti sekarang ini, orangtua makin gencar dalam menjadikan anak-anak mereka sebagai objek foto. Di samping terdapat trik ampuh memotret untuk berbagi kebahagiaan dengan cara membagikannya di media sosial, foto anak juga dapat menjadi simbol cinta yang hendak diabadikan oleh orangtua di tiap momennya.

Foto semasa kecil, misalnya, akan membuat anak merasakan betapa besar kasih sayang dan cinta orangtua pada mereka. Namun, tidak semua foto hasil jepretan orangtua ini bisa bagus hasilnya. Dari ratusan foto yang diambil, mungkin hanya beberapa di antaranya yang bisa dikategorikan bagus.

Tidak perlu bingung lagi karena berikut akan disajikan trik ampuh memotret anak seperti halnya fotografer profesional.

  1. Lakukan Perencanaan Pose

Pertama, lakukan terlebih dahulu perencanaan pose mengenai bagaimana foto anak akan diambil nantinya. Apakah anak akan berfoto sendirian, bersama anggota keluarga atau bersama teman-temannya. Setelah tahu bagaimana tepatnya foto akan diambil, barulah pengambilan gambar bisa dilakukan.

  1. Cari Background Menarik

Kita bisa menjadikan jendela, kamar tidur atau di bawah pohon sebagai background foto agar hasilnya lebih menarik. Tentukan tempat yang menurut kita bagus dan hasil foto akan menjadi baik. Background akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari sebuah foto, sehingga pemilihan background yang tepat akan membantu hasil akhir foto menjadi semakin memuaskan.

  1. Pastikan Fokus Kamera

Jangan langsung mengambil foto tanpa memfokuskannya terlebih dahulu. Pastikan kamera telah terfokus sebelum mulai mengambil gambar. Tunggu saat terbaiknya, misalkan saat anak tengah tersenyum atau tertawa. Pastikan kita tidak melewatkan momen terbaik tersebut dan bergegas memotretnya.

  1. Ajak Anak Untuk Tertawa

Anak yang masih kecil akan sangat mudah untuk dipengaruhi. Ajak anak untuk tertawa dan ambil foto di sela-sela tawanya. Namun, tidak perlu memaksakan anak untuk tertawa. Beberapa anak mungkin memang akan memiliki wajah yang serius sehingga akan susah untuk membuatnya tersenyum ataupun tertawa. Anak yang dipaksa untuk tersenyum justru akan tampak tidak natural di foto sehingga hasilnya takkan maksimal.

Baca Juga : Kursus Fotografi Untuk Anak, Pentingkah?

  1. Foto Candid

Nyatanya, foto tidak harus selalu sedang melihat ke arah kamera. Apalagi anak-anak yang kerap akan terus bergerak-gerak saat difoto sehingga menyulitkan fokus. Selain itu, bisa jadi anak akan merasa canggung atau malu jika harus terang-terangan menatap ke arah kamera. Solusinya adalah memotret anak menggunakan teknik candid. Seolah-olah anak sedang tidak sadar bahwa dirinya tengah difoto. Hasil foto candid akan tetap terbilang memuaskan dan bahkan memiliki sisi keunikan tersendiri. Foto candid ini bisa diambil saat anak tengah bermain, belajar, berjalan atau melakukan aktivitas apapun sehari-harinya.

  1. Memotret Dari Atas

Saat anak sedang belajar berjalan, ambillah fotonya dari atas agar anak terlihat serius. Pengambilan foto dari atas ini terutama akan membuat kita mengambil background lebih banyak serta mencakup semua peralatan yang ada di sekitar anak.

  1. Teruslah Berlatih

Tidak akan ada hasil baik tanpa latihan terus menerus. Latihan akan membuat kita tahu di mana letak kekurangan dari sesi foto sebelumnya dan memperbaiki kesalahan tersebut agar menjadi lebih baik lagi ke depannya. Berlatih secara konsisten juga akan membuat kita semakin ahli dalam bidang fotografi ke depannya.

Demikian adalah 7 trik ampuh memotret dalam fotografi anak ala fotografer handal. Fotografi memang butuh latihan dan waktu yang tak singkat untuk mendapat foto berkualitas. Latihan terus menerus adalah kunci untuk mendapat hasil foto sesuai keinginan.

One Reply to “Trik Ampuh Memotret Anak Ala Fotografer Handal”

Comments are closed.